WELCOME TO THIS BLOG!

enjoy reading in this blog - Rainbow Color Your Life, Rainbow make you understand if live is full of expression and not forever

Jumat, 14 Desember 2012

Cheating? Open Book? Is that a solution?



unduhan.jpgimages (1).jpghai pembaca setia bloger dan para pencari info! sekarang masih hangat-hangatnya UAS! bahkanh, saya sendiri yang masih seorang siswi di sebuah SMA di kabupaten bandung ini, akan menghadapi hari terakhir esok tanggal 15 desember 2012.
Di UAS, rata-rata siwa/i menghadapi stress berat! yah ada yang males belajar, ada yang belajar ga nyantol-nyanyo sangking stress, ada yang pake cara instan -> NYONTEK dan BUKA BUKU (OPEN BOOK). Saya sendiri mengaku pernah melakukan hal terkutuk ini. Tapi, belum habis kesempatan berubah saudara/i!

Pengertian menyontek atau menjiplak atau ngepek menurut Purwadarminta sebagai suatu kegiatan mencontoh/ meniru/ mengutip tulisan, pekerjaan orang lain sebagaimana aslinya. Cheating (menyontek) menurut Wikipedia Encyclopedia sebagai suatu tindakan tidak jujur yang dilakukan secara sadar untuk menciptakan keuntungan yang mengabaikan prinsip keadilan. Ini mengindikasikan bahwa telah terjadi pelanggaran aturan main yang ada.

"heh! sut nomer 2 apa?" <-- kata yang sering terdengar saat anda berada di ruangan ujian.Pernahkah anda bayangkan anda ketahuan mencontek? Apa yang anda dapat? yang anda dapat adalah :
1.     Rasa Malu yang tak terhingga di depan guru dan semua peserta ujian
2.     Ketidak percayaan guru yang akan mengecap anda pecontek selama sekolah disana dan menurunkan image!
3.     Kebencian dalam hati oleh orang jujur
4.     Terputusnya amalan yang anda dapat dari niat kesekolah (walau tidak ketahuan anda akan dapat ini)
5.     Kertas Ujian dirobek guru dan dapat nilai jelek, padahal nyontek dalam fikiran sempit kalian untuk mendapat nilai bagus
Ujian pada dasarnya dibuat untuk mengetes kemampuan dasar kita sebagai bahan evaluasi perbaikan masa mendatang. Kalau kita menyontek, artinya kita membohongi hasil evaluasi dan tidak bisa memperkirakan kekurangan kita.

Pernah Nonton Film "3 Idiots"? sebuah film india yang menurut saya mempunyai amanat yang sangat berguna. Saya sendiri belajar dari film itu. seorang mahasiswa yang sangat suka belajar menggantikan posisi anak majikannya untuk sekolah. Ia tidak ingin mendapat nilai. yang ia inginkan hanya belajar dan banyak ilmu. Ia menjadi seorang Insinyur yang sukses di masa depan TANPA NILAI! Memang hanya sebuah film. tapi pikirkan. kalau kita mencontek untuk dapat nilai bagus apa kita dapet ilmu untuk masa depan? Saat bekerja dan Berbicara di depan orang banyak berwawasan luas di wilayah pekerjaan Ilmu anda yang akan dinilai. bukan nilai.

Disini saya beri tips untuk menjauhi menyontek 
1.     Rajin Beribadah.
2.     Niat Jujur Dari Hati
3.     Menghapal dan Jauhkan Diri Dari Hiburan
4.     Ingat Akibat Ketahuan Menyontek Diatas
5.     Ridho Belajar Karena Allah S.W.T semata
6.     Percaya Diri Sendiri
7.     Ingat Anda Butuh Ilmu Bukan Nilai Bagus
8.     Belum Tentu Jawaban Orang Lain Benar
Tips Bagi Pengawas saat Ujian :
1.     Datanglah ke ruang ujian 10 menit sebelum ujian dimulai.
2.     cek bahwa semua tas ada di depan kelas bukan di belakang.
3.     kelilingi semua meja dan pastikan kolomg bamgku, saku, dan tempat pensil siswa/i bebas dari kertas, buku, HP, dan kalkulator
4.     kumpulkan semua kartu peserta di pengawas - kertas media menyontek siswa pak,bu
5.     awasi peserta dengan seksama. mereka hanya boleh menatap ke bangku tanpa mengangkat kertas ujian atau menoleh ke samping belakang.
6.     hindari pergi keluar kelas. jadi sebelum masuk ruangan cek semua sudah siap tanpa ada kurang soal atau yang lainnya. jangan lupa ke kamar mandi dulu
Sekarang, saya sudah berubah. kalau saya malam belum belajar, itu sudah resiko dan harus menerima nilai dibawah KKM. Ingat menyontek adalah generasi Koruptor dan Ngasih Tau Termaksuk golongan Menyontek Loh =)) SAY NO TO CHEATING AND OPEN BOOK!
images.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar